Sabtu, 27 Juli 2013

Kantor Baru, Semangat Baru


Pembangunan 99% - Dok. PNPM MPd Kec. Banyuputih


JAMAK terjadi, suatu ide atau, lebih-lebih, tindakan menuai pro dan kontra. Pun dalam hal pembangunan Gedung Pusat Layanan PNPM Mandiri Perdesaan.
Pihak kontra biasanya mendasarkan argumentasinya kepada keamanan permodalan. Selain itu, ada juga yang dengan sinis menanggapi, “Masyarakat masih banyak yang miskin kok sudah bangun kantor. Kan lebih baik untuk kegiatan?”. Atau juga: “Status BKAD di mata hukum kan belum jelas. Tidak boleh mempunyai aset berupa gedung.” Ya, macam-macam memang. Mulai soal jenis kegiatan sampai dengan kejelasan badan hukum BKAD.
Tak sedikit yang menanggapi pembangunan Gedung Pusat Layanan PNPM Mandiri Perdesaan secara positif. Dalam hal ini, termasuk masyarakat dan pelaku di Kecamatan Banyuputih. Mereka sama-sama berharap bahwa gedung atau kantor baru dapat menumbuhkan etos atau spirit yang lebih positif.
Dengan dibangunnya kantor baru, pengurus kelembagaan dapat membuat desain kantor sesuai standar pelayanan masyarakat. Selain itu, faktor kepercayaan (trust) pemanfaat atau calon pemanfaat keuangan mikro (SPP) terdongkrak naik. Desain kantor yang baik, penataan yang rapi, dan pengelolaan yang bersih tentu saja memunculkan citra yang berbanding lurus dengannya, yaitu baik, rapi, dan bersih.
Tentu butuh biaya untuk itu semua. Tidak sedikit memang. Tetapi, masyarakat tentu tak ingin dana masyarakat dikelola secara tidak profesional. Jadi, bukankah itu adalah impian kita semua?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar