Senin, 25 Juni 2018

Menginstal Aplikasi di Linux Mint 18.3 (Sylvia) Cinnamon


SAMA DENGAN sistem operasi diska berbasis Linux lainnya, ada setidaknya 2 cara instalasi aplikasi di Linux Mint 18.3 (Sylvia) Cinnamon. Pertama, melalui software manager. Di Windows, software manager dikenal dengan programs and features dalam control panel. Bedanya, di software manager, kita telah disuguhi daftar aplikasi terpopuler yang dapat kita instal. Kita tinggal ketik nama aplikasi yang kita mau, lalu klik ganda nama aplikasi yang muncul dan sesuai dengan keinginan kita.

Software manager dapat kita temukan dengan mudah. Klik logo Linux Mint di pojok kiri bawah. Di samping kiri tulisan Menu. Secara default, di sisi kiri bilah menu akan ada beberapa ikon terpenting. Kedua dari atas adalah ikon software manager. Klik ikon tersebut. Simpel.


Jika bilah menu telah kita modifikasi, linux masih memberi kemudahan bagi kita untuk mencarinya. Klik menu, lalu ketik software manager di kolom pencari. Sistem akan mencari dan menampilkannya. Tinggal klik.

Kedua, melalui Terminal. Perlu pembiasaan untuk beroperasi melalui terminal. Basisnya adalah bahasa program. Setelah mencoba sekali-dua kali, saya rasa cara ini mudah dan asyik juga.

Klik Menu. Di bilah sebelah kiri, ke-4 dari atas, ada ikon Terminal. Klik. Jika tak ada, ketik terminal di kolom pencari. Klik ikon tertampil.

Setelah masuk terminal, kita harus masuk sebagai root lebih dulu. Caranya, ketik:

su

lalu klik Enter atau ketik:

sudo -i

lalu klik Enter. Selanjutnya, sistem akan meminta kita memasukkan password. Masukkan saja password yang telah sampean atur saat instalasi Linux.

Setelah kita masuk sebagai root, kita dapat memodifikasi Linux sesuai keperluan, termasuk menginstal atau meng-uninstall aplikasi.

Oh ya, jangan lupa, pastikan bahwa aplikasi yang akan sampean instal telah sesuai dengan sistem komputer sampean. Cara mengetahuinya, buka terminal, dan ketik:

uname -a

atau:

uname -m

Lalu, klik Enter. Terminal akan menampilkan sistem komputer sampean: 32-bit, 64-bit, atau bisa keduanya. Jika tertampil i386, komputer sampean bersistem 32-bit. Jika tertampil x86_64, komputer sampean bersistem 64-bit.

Apabila komputer sampean bersistem 32-bit, tapi sampean ingin menginstal aplikasi 64-bit, pastikan dulu dengan mengetik:

lscpu | grep mode

di terminal. Jika setelah menekan tombol Enter tertera 32-bit, 64-bit atau i386, x86_64, dalam komputer sampean dapat ditanam aplikasi bersistem 32-bit dan 64-bit. Mudah bukan?•fgs


Tidak ada komentar:

Posting Komentar